Pages

Senin, 01 Februari 2010

MEMBUAT SOUND PADA MACROMEDIA FLASH 8


MEMBUAT SOUND PADA

MACROMEDIA FLASH 8


I. LANGKAH-LANGKAH PENGERJAAN

1. buka macromedia flash kemudian buat tiga layer beri nama masing-masing tombol, actions, tampilan.

2. kemudian buat tombol-tombol yang dibutuhkan seperti pada project (play,stop,volume,panel,musik 1,2,3) caranya pilih menu windows > pilih common libraries > kemudian pilih buttons

3. akan tampil library seperti dibawah ini kita bisa memilih tombo-tombol yang diperlukan

4. edit tombol satu persatu

5. Import tiga buah sound ke media library

6. pada layer tampilan atur letak tombol-tombol tersebut buat oval sebagai latarnya

7. kemudian pada layer actions ketikan script dibawah ini :

mySound = new Sound();

  1. pada tombol play dan stop tuliskan action berikut ini :

Tombol play

Tombol stop

on (release) {

mySound.start();

}

on (release) {

mySound.stop();

}

9. pada layer tombol klip tombol (musik 1, musik 2, musik 3) beri action seperti dibawah ini pada tombol dua dan tiga ganti menjadi (musik 2, musik 3) seperti yang dibuat pada library.

(pada tombol 1)

on (release){mySound.attachSound ("musik1")

mySound.stop();

mySound.start(0.1);

}

10. double klik pada tombol balance tuliskan action berikut ini

increment = 4;

level = 0;

//

panKnob.onPress = function() {

if (Key.isDown(Key.getCode(18))) {

autoPan = true;

} else {

autoPan = false;

start = _root._xmouse;

newStart = panKnob._rotation;

dragging = true;

}

};

panKnob.onRelease = function() {

dragging = false;

};

panKnob.onReleaseOutside = function() {

dragging = false;

};

//

this.onEnterFrame = function() {

if (dragging) {

pivot = (_root._xmouse-start)*2+newStart;

panKnob._rotation = pivot;

if (pivot<-135) {

panKnob._rotation = -135;

}

if (pivot>135) {

panKnob._rotation = 135;

}

level = Math.round(panKnob._rotation/1.35);

} else {

if (autoPan) {

textInput.value.selectable = false;

level += increment;

if (level>99 || level<-99) {

increment *= -1;

}

} else {

textInput.value.selectable = true;

}

if (level>100) {

level = 100;

} else if (level<-100) {

level = -100;

} else if (level<=100 && level>=-100) {

panKnob._rotation = level*1.35;

}

}

_root.mySound.setPan(level);

};

11. begitu juga pada tombol volume tuliskan action sbb :

top = vol._y;

left = vol._x;

right = vol._x;

bottom = vol._y+100;

level = 100;

//

vol.onPress = function() {

startDrag("vol", false, left, top, right, bottom);

dragging = true;

};

vol.onRelease = function() {

stopDrag();

dragging = false;

};

vol.onReleaseOutside = function() {

dragging = false;

};

//

this.onEnterFrame = function() {

if (dragging) {

level = 100-(vol._y-top);

} else {

if (level>100) {

level = 100;

} else if (level<0)>

level = 0;

} else {

vol._y = -level+100+top;

}

}

_root.mySound.setVolume(level);

};

12. kemudian klik kanan sound pada panel library > pilih linkage.... maka tampil linkage properties pada Identifier tuliskan nama tombol musik yang dibuat tadi (Musik1,2,3)tujuannya untuk melinkan ke tombol tersebut saat di test movie lalu tandai Export for ActionScript dan Export in first frame > ok

13. Simpan (CTRL + S) dan mainkan (CTRL + ENTER)



II. Menjelaskan fungsi dari masing-masing script (dgn teks warna merah)


è Layer Action pada Scene 1:

mySound = new Sound();


Þ berfungsi untuk memanggil “file sound yang di import ke library/ mySound untuk dimasukkan kedalam “mySound”.


è Untuk Tombol “Musik 1”

on (release) { mySound.attachSound("musik1");

mySound.stop();

mySound.start(0,1);

}

Þ berfungsi untuk melinkkan musik yang di import dengan tombol (1,2,3) juga berfungsi sebagai play sehinga apabila kita klik tombol-tombol tersebut sound akan berputar.


è Untuk tombol “Stop “

on (release) {

mySound.stop();}

Þ pada saat test movie (alunan musik merdu yang diimport sedang berputar) apabila kita klik tombol stop maka sound tersebut akan berhenti/stop


è Untuk Tombol “Play”

on (release) {

mySound.start();}


Þ kebalikan dari stop pada saat test movie apabila kita klik tombol play maka sound akan berputar sehingga kita dapat mendengar alunan-alunan musik merdu.


è Tombol Volume (Layer Action /layer 4 pada tombol Fader-Gain)

_root.mySound.setVolume(level);


Þ berfungsi sebagai penunjuk/pengatur level pada tombol volume sehingga kita dapat melihat berapa besar level yang ditampilkan (hingga kita nyaman mendengarkan sound/memperbesar atau memperkecil volume).


è Tombol Balance (Layer Action /layer 4 pada knob-pan )

_root.mySound.setPan(level);


Þ berfungsi sebagai penunjuk/pengatur level pada tombol balance sehingga kita dapat melihat berapa besar level yang ditampilkan/ suara yang keluar dari speaker kanan, kiri (memperjelas sound/ bersih atau tidaknya sound).

0 komentar: